Optimalisasi Peran Komite Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kota Sungai Penuh

Authors

  • Edi Putra Jaya STIT Yayasan Pendidikan Islam Kerinci

Keywords:

Peran Komite Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstract

 Artikel ini membahas tentang “Optimalisasi Peran Komite Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kota Sungai Penuh”. Latar belakang masalah: Komite dan pihak Tsanawiyah Model Kota Sungai Penuh dapat akur dan bekerjasama dalam meningkatkan mutu pendidkan di Madrasah, sedangkan pada umumnya hubungan madrasah dengan komite yang lebih banyak bertugas untuk mengawas tidak akur. Hasil penelitian: (1) Komite Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kota Sungai Penuh telah ada sejak tahun 1990 dan dibentuk berdasarkan hasil musyawarah antara wali murid dengan pihak Madrasah. Komite Madrasah berperan aktif mengawasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Madrasah dan Komite Madrasah bersifat independen. (2) Komite Madrasah telah melaksanakan perannya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, sebagai mediator dengan baik. Keberhasilannya ini diawali dengan dilaksanakan ketiga prinsip manajemen modern, yaitu transparan, akuntabel dan demokratis dalam proses pembentukan Komite Madrasah. (3) Kontribusi Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah adalah meningkatan sarana dan prasarana pendidikan, dan meningkatan kemampuan profesionalitas serta kesejahteraan pendidik.

 

 

Downloads

Published

2020-04-01

Issue

Section

Articles