MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MERANGIN

Authors

  • Darni IAI SMQ Bangko
  • rikaariyani IAI SMQ Bangko

Keywords:

Manajemen, manajemen kurikulum, mutu Pendidikan.

Abstract

Manajemen kurikulum memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah lembaga Pendidikan. Tanpa adanya manajemen kurikulum maka proses Pendidikan tidak akan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Merangin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu Pendidikan terdiri dari beberapa Langkah, yakni perencanaan kurikulum, pengimplementasian kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Perencanaan kurikulum dilakukan dengan cara mengadakan rapat dan mengadakan sosialisasi. Implementasi kurikulum meliputi: memastikan kesiapan guru, memeriksa hasil pembelajaran, dan melakukan Kerjasama dengan madrasah lain. Sedangkan evaluasi kurikulum dilakukan dengan cara evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output. Evaluasi input berkaitan dengan alokasi waktu evaluasi. Evaluasi proses berkaitan dengan manajemen kurikulum. Sedangkan evaluasi output yakni melakukan perbaikan kurikulum untuk masa yang akan datang.

Published

2023-12-27

How to Cite

Darni, & rikaariyani. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MERANGIN. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 4(2), 24–30. Retrieved from http://jurnal.staimaarifjambi.ac.id/index.php/Mikraf/article/view/132