PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK KESISWAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAJALENGKA

Authors

  • Diki Nur falah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Manajemen konflik, kepala sekolah,siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam menyeesaikan konflik kesiswaan di MAN 1 Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini ialah kepala Madrasah dan Pendidik di MAN 1 Majalengka.Upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka sudah melalukakan dalam berbgai hal dan upaya yaitu: 1) kepala sekolah melakukan perannya sebagai kepala sekolah dengan baik, yakni jika terjadi konflik siswa terlebih dahulu ia akan menyerahkan terlebih dahulu kepada guru piket dan guru BK 2) , jika konflik siswa yang terjadi ini melebihi dan dapat merugikan sekolah serta tidak dapat diselesaikan oleh guru piket dan guru BK lagi barulah kepala sekolah yang langsung memproses siswa yang bermasalah tersebut. Disinilah kepemimpinan kepala sekolah terlihat ketika melakukan pengambilan keputusan terakhir yang terbaik untuk keberlangsungan sekolah dan tidak merugikan sekolah

Published

2023-12-27

How to Cite

falah, D. N., & Wahyu Hidayat. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK KESISWAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAJALENGKA. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12–23. Retrieved from http://jurnal.staimaarifjambi.ac.id/index.php/Mikraf/article/view/99